Posted by : Vicio rizky

BARCELONA, KOMPAS.com - Gelandang Cristiano Ronaldo mencetak gol penentu kemenangan Real Madrid 2-1 atas Barcelona, pada pertandingan Liga BBVA, di Camp Nou, Sabtu (21/4/2012). Dengan hasil tersebut, Madrid menguasai klasemen dengan 88 poin, atau unggul tujuh angka dari Barcelona di tempat kedua.
Dengan sisa empat pertandingan, peluang juara buat Madrid pun semakin besar. Madrid hanya butuh dua kemenangan untuk memastikan gelar Liga BBVA. Sebab, dua kemenangan akan membuat Madrid mengantongi nilai 94. Sedangkan nilai maksimal Barcelona sampai akhir kompetisi hanya 93.

Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, partai "El Clasico" ini bakal ketat, keras, dan panas. Namun, meski bertindak sebagai tamu, Madrid mampu mengembangkan permainan. Bahkan, Madrid unggul lebih dulu. Gol pertama diciptakan gelandang Real Madrid, Sami Khedira, pada menit ke-16. Dipercaya mengeksekusi tendangan sudut, Angel Di Maria mengirim bola ke jantung pertahanan tuan rumah. Dengan kepalanya, Pepe mengirim bola ke tengah gawang, tetapi bisa ditepis Victor Valdes.

Dalam keadaan menghadap mulut gawang, Carles Puyol berhasil menjangkau dan menguasai bola liar itu. Namun, Khedira yang berada di belakang Puyol berhasil menyepak bola masuk gawang.

Penyerang Alexis Sanchez mengubah kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-70. Gol bermula dari tembakan Cristian Tello yang dimentahkan Iker Casillas. Bola liar ditembakkan Adriano, tetapi terblok dan mental ke arah Sanchez.

Sanchez menembakkan bola. Casillas berhasil menepisnya. Bola liar masih berada dalam jangkauan Sanchez dan kembali ditembakkan. Kali ini, bola bersarang di dalam gawang tim tamu.

Gelandang Cristiano Ronaldo memulihkan keunggulan Madrid pada menit ke-73. Dalam sebuah serangan balik, Mesut Oezil mengirimkan umpan terobosan kepada Ronaldo. Ronaldo berhasil menjangkau bola dan dari tengah kotak penalti, menyepak bola masuk gawang Valdes.
Permainan berlangsung cukup terbuka dan cepat. Kedua kubu pun beberapa kali tampak menciptakan peluang.

Pada menit kelima, misalnya, dengan kepalanya, Ronaldo mengirim umpan Mesut Oezil ke tengah gawang Barcelona. Namun, Valdes masih bisa menepis bola.

Dua menit kemudian, Dani Alves berhasil memotong umpan dari Pepe ke Fabio Coentrao. Ia kemudian menggiring bola masuk kotak penalti Madrid. Namun, belum sempat melakukan eksekusi, Alves kehilangan bola akibat antisipasi Iker Casillas.

Setelah gol Khedira, Barcelona meningkatkan agresivitas dan tempo permainan. Usaha mereka membuahkan sejumlah peluang, misalnya dari Xavi pada menit ke-27 dan Thiago pada menit ke-37. Sementara tembakan Xavi dipatahkan Casillas, eksekusi Thiago meleset dari sasaran.

Di babak kedua, permainan tak banyak berubah. Masing-masing kubu berusaha melancarkan serangan setiap kali menguasai bola. Namun, mereka sama-sama kesulitan menuntaskan serangan dengan eksekusi.

Barcelona lebih dulu mendapat peluang memecah kebuntuan melalui Cristian Tello pada menit ke-52 dan ke-55. Namun, kedua usaha itu hanya membuahkan tendangan gawang.

Barcelona melanjutkan tekanan mereka. Dua menit setelah tembakan Xavi melesat ke atas mistar gawang Madrid, Barca pun mendapat gol penyama kedudukan dari Sanchez, yang dibalas Ronaldo pada kesempatan pertama.

Setelah gol Ronaldo, Madrid tampak mengalami peningkatan koordinasi serangan. Namun, skor 2-1 tak berubah sampai peluit berbunyi panjang.

Selama pertandingan, Barcelona menguasai bola sebanyak 66 persen dan menciptakan tiga peluang emas dari 14 usaha. Adapun Madrid melepaskan enam tembakan akurat dari 13 percobaan.
Susunan pemain
Barcelona:
1-Victor Valdes; 5-Carles Puyol, 14-Javier Mascherano, 21-Adriano (17-Pedro 74), 2-Dani Alves; 16-Sergio Busquets, 11-Thiago, 6-Xavi (9-Alexis Sanchez 69); 8-Andres Iniesta, 10-Lionel Messi, 37-Cristian Tello (4-Cesc Fabregas 81)

Madrid: 1-Iker Casillas; 4-Sergio Ramos, 3-Pepe, 15-Fabio Coentrao, 17-Alvaro Arbeloa; 6-Sami Khedira, 14-Xabi Alonso; 7-Cristiano Ronaldo, 10-Mesut Oezil (21-Jose Maria Callejon 89), 22-Angel Di Maria (11-Esteban Granero 74); 9-Karim Benzema (20-Gonzalo Higuain 90)

Wasit: Undiano Mallenco

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -