Posted by : Vicio rizky

BARCELONA, KOMPAS.com — Chelsea secara dramatis lolos ke final dengan keunggulan agregat 3-2 atas Barcelona, setelah di leg kedua, Selasa atau Rabu (25/4/2012) dini hari WIB, berhasil menahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2. Padahal, Chelsea sudah harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-37 setelah John Terry melakukan pelanggaran terhadap Alexis Sanchez.

Hasil ini sungguh menyesakkan bagi Barcelona. Bagaimana tidak, mereka hampir sepenuhnya menguasai bola dalam laga ini. Mereka juga memaksa Chelsea bertahan total di lini pertahanan mereka. Bahkan, mendapat satu tendangan penalti pun, Lionel Messi gagal memanfaatkannya.

Pada pertandingan itu, sebenarnya Lionel Messi langsung memberikan rasa waswas kepada Manajer Chelsea Roberto Di Matteo, dengan aksinya di awal laga. Beruntung, bola hasil sepakan kaki kanan Messi masih melebar dari sasaran.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Chelsea tampil bertahan dalam laga ini. Hampir semua pemain Chelsea berada di lini pertahanan mereka. Ini sempat menyulitkan Barcelona untuk mengancam gawang Petr Cech.

Pada menit ke-19, kerja sama antara Messi dan Cesc Fabregas hampir saja berbuah gol. Namun, kesigapan Cech membuat peluang emas tersebut berakhir sia-sia. Demikian juga pada menit ke-24, ketika Messi mendapat bola di depan gawang. Bola tendangannya masih bisa diblok Cech dengan kakinya.

Upaya Barcelona baru membuahkan hasil pada menit ke-35. Umpan manis Isaac Cuenca yang menyilang mendarat mulus ke arah Sergio Busquets yang dengan tenang menceploskan bola dengan kaki kirinya.

Petaka bagi Chelsea terjadi pada menit ke-37. Kapten John Terry melakukan tindakan yang merugikan tim. Dia sengaja menyodokkan lutut kirinya ke bokong Alexis Sanchez. Wasit yang melihat aksi tak terpuji itu langsung memberi kartu merah kepada Terry.

Keuntungan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Barcelona. Andres Iniesta mampu menggandakan keunggulan tuan rumah setelah berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Messi.

Barcelona makin percaya diri. Namun, ini harus dibayar mahal. Sebuah serangan cepat membuat mereka lengah. Chelsea mampu mencuri gol di menit tambahan babak pertama. Lewat skema serangan balik, bola hasil sodoran dari Frank Lampard mampu diteruskan oleh Ramires dengan cungkilan kaki kanannya. Bola melambung di atas Victor Valdes dan masuk ke gawang.

Barcelona punya kesempatan emas menambah keunggulan di awal babak kedua. Pelanggaran yang dilakukan Didier Drogba terhadap Fabregas berbuah hukuman penalti. Sial bagi Messi, eksekusi yang ia lakukan hanya menemui mistar gawang.

Hampir sama seperti pada babak pertama, Barcelona mendominasi laga. Sementara itu, Chelsea hanya mampu bertahan sembari berharap dapat kesempatan untuk melakukan serangan balik. Namun, babak ini menjadi episode paling dramatis.

Pada menit ke-62, Cech menjadi pahlawan Chelsea dengan mengeblok tembakan Cuenca yang menerima umpan dari Messi.

Pertandingan mulai berjalan membosankan. Pertahanan Chelsea terus-terusan digempur oleh Barcelona. Namun, tuan rumah kesulitan untuk menembus pertahanan kokoh dan berlapis yang diterapkan Frank Lampard dan kawan-kawan, meski mereka hanya bermain 10 orang.

Barcelona sebenarnya mampu mencuri gol pada menit ke-82 lewat kaki Alexis Sanchez. Sayang, gol tersebut dianulir karena sebelum memberikan bola kepada Alexis Sanchez, Dani Alves sudah berada dalam posisi offside.

Satu menit berselang, Barcelona kembali hampir mencetak gol tambahan. Namun, kali ini, bola hasil tembakan Messi hanya membentur tiang gawang.

Jelang laga berakhir, Mascherano sempat mengumbarkan harapan. Namun, Cech kembali jadi pahlawan dengan mengeblok tembakan dari pemain asal Argentina tersebut.

Bencana menimpa Barcelona. Pada menit tambahan, Chelsea justru mencuri gol penyama kedudukan. Pemain pengganti, Fernando Torres, lolos dari penjagaan pemain Barcelona dan mampu memperdaya Victor Valdes, dan menceploskan bola ke gawang yang sudah lowong. Gol ini pun mengantarkan Chelsea ke babak selanjutnya.

Susunan pemain
Barcelona (3-4-3)
: 1-Victor Valdes, 14-Javier Mascherano, 5-Carles Puyol, 3-Gerard Pique (2-Daniel Alves 26), 16-Sergio Busquets, 6-Xavi, 8-Andrés Iniesta, 4-Cesc Fábregas (15-Seydou Keita 74), 10-Lionel Messi, 39-Isaac Cuenca (37-Cristian Tello 67), 9-Alexis Sanchez.

Chelsea (4-5-1): 1-Petr Cech, 26-John Terry, 24-Gary Cahill (17-Jose Bosingwa 12), 3-Ashley Cole, 2-Branislav Ivanovic, 8-Frank Lampard, 16-Raul Meireles, 12-John Mikel Obi, 7-Ramires, 10-Juan Mata (21-Salomon Kalou 58), 11-Didier Drogba (9-Fernando Torres 80).

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -