Posted by : Vicio rizky


Uttar Praadesh,balapan seri perdana GP India dimenangkan oleh kampiun F1 2011, Sebastian Vettel. Start paling depan, driver Red Bull itu memimpin sepanjang balapan.Memulai balapan dari posisi terdepan di Sirkuit Buddh, Minggu (30/10/2011) petang WIB, Vettel start dengan baik dan mempertahankan posisi itu sampai akhir balapan sepanjang 60 lap.

Jenson Button (McLaren) juga melakukan start dengan baik. Dari posisi start empat, ia langsung bisa melewati Fernando Alonso dari Ferrari.

Masih di lap pertama, Button kemudian bahkan melewati Mark Webber (Red Bull) untuk mengambil alih posisi kedua di belakang Vettel.

Sepanjang balapan Button berusaha terus memangkas jarak dari Vettel yang ada di depannya. Namun, Vettel terlalu jauh untuk dikejar.
Jalannya Balapan

Sebastian Vettel start dengan baik dan mempertahankan posisi terdepan. Mark Webber menguntit di belakang dengan Jenson Button membayangi. Button sebelumnya memanfaatkan kesalahan Fernando Alonso yang terlalu lebar saat menikung pasca start.

Masih di lap pertama, Button kemudian berhasil melewati Webber dan menempati posisi dua di belakang Vettel. Webber kini berada di posisi tiga di depan duo Ferrari, Alonso dan Felipe Massa.

Rubens Barrichello sementara itu langsung memasuki pit di akhir lap pertama. Ia mengganti sayap depannya yang lepas pasca insiden dengan Kamui Kobayashi dan Timo Glock selepas start.

Pada lap empat, Glock akhirnya harus retired menyusul Kobayashi yang juga sudah out pada lap dua. Di depan, Vettel masih memimpin diikuti Button yang mendapat tekanan sengit dari Webber.

Pada lap lima Webber coba melewati Button dan kedua mobil sampai berjejer. Namun, Button masih berhasil mempertahankan posisi dua. Alonso, Massa dan Hamilton masih berada di belakang mereka, sementara Vettel terus menjauh.

Insiden yang melibatkan sejumlah pembalap di lap pertama sempat diselidiki oleh stewards. Namun, pada lap 10 disebutkan kalau steward takkan mengambil tindakan lanjutan.

Pada lap 17, Alonso, Webber dan Hamilton masuk pit nyaris bersamaan. Webber kembali ke lintasan di posisi lima, Alonso di posisi tujuh dan Hamilton di posisi delapan.

Pada lap 18 Alonso berhasil kembali menempati posisi empat usai melewati Michael Schumacher, dengan mendayagunakan DRS-nya.

Satu lap kemudian giliran Button masuk ke pit. Ia masuk ke lintasan tetap di posisi dua. Vettel gantian masuk pit pada lap 20 dan sukses mempertahankan posisi terdepan saat balik ke lintasan.

Memasuki lap 22, cuma Bruno Senna, Daniel Ricciardo, Narain Karthikeyan dan Jerome Ambrosio saja yang sama sekali belum menyambangi pit.

Pada lap 24, Hamilton coba melewati Massa. Pada awalnya Hamilton mendayagunakan DRS, tapi setelah DRS-nya habis pun ia masih bisa mengejar Massa. Hamilton lantas mengambil celah bagian dalam mobil Massa dalam tikungan ke kiri. Namun, Massa menutup celah itu dan kedua mobil bersenggolan.

Massa keluar lintasan dan Hamilton terlihat mengalami kerusakan di bagian sayap depan mobilnya. Keduanya masih bisa lanjut, dengan Hamilton kemudian masuk ke pit untuk kemudian bergabung lagi di posisi tujuh. Massa sementara itu ada di posisi lima. Insiden keduanya pun diselidiki stewards.

Pada lap 31, diumumkan kalau Massa mendapatkan drive through penalty akibat dinilai menjadi penyebab insiden dengan Hamilton sebelumnya.

Pada lap 35, satu lap setelah masuk pit untuk mengganti ban depan dan hidung mobilnya, Massa justru harus retired karena mengalami masalah suspensi depan mobilnya.

Memasuki 20 lap akhir, Vettel masih terus melaju di depan dengan Button berjarak cukup jauh di belakangnya. Alonso menempati posisi tiga, juga cukup berjarak dari Button.

Pada lap 48 Vettel masuk ke pit untuk kali kedua. Vettel melakukan pergantian ban ke ban keras, yang rupanya cukup cepat. Di posisi lima besar saat itu, tinggal Michael Schumacher--ada di posisi lima--yang baru satu kali masuk pit. Button, Alonso dan Webber sebelumnya sudah lebih dulu memasuki pit untuk kali kedua.

Dengan sisa sepuluh lap, Button tinggal berjarak kurang dari tiga detik dari Vettel yang masih berada di depan. Sementara Alonso, yang berada di posisi tiga, jauh tertinggal dari Button.

Di lap akhir, Webber dengan cepat mengejar Alonso. Namun, Webber gagal melewati Alonso dan garis finis menyudahi perjuangannya.
Hasil GP India:

Posisi - Pembalap - Tim - Waktu
1. Vettel Red Bull-Renault 1h30:35.002
2. Button McLaren-Mercedes + 8.433
3. Alonso Ferrari + 24.301
4. Webber Red Bull-Renault + 25.529
5. Schumacher Mercedes + 1:05.421
6. Rosberg Mercedes + 1:06.851
7. Hamilton McLaren-Mercedes + 1:24.183
8. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
9. Sutil Force India-Mercedes + 1 lap
10. Perez Sauber-Ferrari + 1 lap
11. Petrov Renault + 1 lap
12. Senna Renault + 1 lap
13. Di Resta Force India-Mercedes + 1 lap
14. Kovalainen Lotus-Renault + 2 laps
15. Barrichello Williams-Cosworth + 2 laps
16. D'Ambrosio Virgin-Cosworth + 2 laps
17. Karthikeyan HRT-Cosworth + 3 laps
18. Ricciardo HRT-Cosworth + 3 laps
19. Trulli Lotus-Renault + 4 laps

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -