Posted by : Vicio rizky

FILIPINA, KOMPAS.com — Sempat unggul dua kali, tim nasional Indonesia akhirnya dipaksa bermain imbang 2-2 oleh Filipina dalam laga persahabatan di Rizal Memorial Stadium, Filipina, Selasa (5/6/2012).

Di babak pertama, Filipina lebih menguasai pertandingan. Banyak diisi oleh pemain naturalisasi, tim asuhan Michael Weiss itu berkali-kali merepotkan barisan pertahanan Indonesia yang dikawal Novan Setia dan kawan-kawan. Beruntung, kiper Marcus Maulana Horizon tampil gemilang.

Indonesia bukan tanpa serangan pada paruh pertama ini. Beberapa kali serangan balik yang cepat dibangun Oktovianus Maniani, Irfan Bachdim, dan Patrich Wanggai  membahayakan pertahanan Filipina. Bahkan pada menit ke-42, tusukan Bachdim di kotak penalti harus dihentikan dengan ganjalan keras oleh pemain belakang Filipina. Akan tetapi, wasit tidak melihat hal itu sebagai pelanggaran. Hingga turun minum, skor tetap imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, tempo permainan meningkat. Kedua kubu silih berganti melakukan serangan. Gelandang Filipina, Marwin Angeles, mendapat peluang pada menit ke-51, tetapi dapat digagalkan oleh Markus.

Pada menit ke-56, Wanggai akhirnya mampu mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan skuad "Merah Putih". Menerima umpang silang Okto dari sisi kiri pertahanan lawan, penyerang Persidafon Dafonsoro itu menyambutnya dengan sundulan terarah ke pojok gawang dan gol.

Akan tetapi, keunggulan itu tak bertahan lama. Dua menit berselang, bek Novan Setia melakukan kesalahan fatal di barisan belakang karena salah umpan. Hal itu kemudian dimanfaatkan penyerang James Younghusband untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Bachdim kembali membuat pendukung Indonesia bersorak setelah membuat timnya kembali unggul 2-1 pada menit ke-61. Menerima umpan terobosan, pemain Persema Malang itu lolos dari kawalan dan dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang Roland Muller.

Pertandingan sempat diwarnai ketegangan setelah Bachdim dan salah satu pemain FIlipina saling dorong sepuluh menit menjelang akhir laga. Walhasil, wasit pun memberikan kartu merah kepada dua pemain tersebut.

Kejadian itu kemudian harus dibayar mahal oleh Indonesia. Pasalnya, Filipina kembali mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol Younghusband pada menit ke-83. Filipina tampak ngotot hingga menit-menit akhir, tetapi hingga laga usai skor imbang 2-2 tetap bertahan.

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -