Posted by : Unknown


LVIV, KOMPAS.com - Silvester Varela tampil gemilang dengan mencetak gol penentu kemenangan Portugal atas Denmark 3-2 dalam lanjutan penyisihan Grup B di Stadion Arena Lviv, Ukraina, Rabu (13/6/2012). Dengan hasil itu, Portugal masih berpeluang lolos ke babak perempat final.

Portugal yang mengincar poin penuh untuk menjaga peluang lolos ke babak perempat final, langsung tampil menekan sejak menit-menit awal. Cristiano Ronaldo mendapat peluang pada menit ke-17. Sayang, meski mendapat posisi bebas di depan kotak penalti, bola tendangannya masih melenceng di samping kanan gawang Denmark.

Lima menit berselang, akhirnya Pepe membuka keunggulan Portugal pada menit ke-24. Menerima umpan pojok Joao Moutinho, bek Real Madrid itu kemudian menyundul bola yang tak dapat dihalau kiper Stephan Andersen, sekaligus mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Portugal.

Denmark yang mencoba keluar tekanan, justru kembali kebobolan setelah Postiga mampu menyarangkan bola ke gawang Andersen pada menit ke-36. Umpan silang Nani di sisi kanan, tak disia-siakan Postiga dengan sontekan yang mampu mengecoh Andersen.

Empat menit sebelum akhir babak pertama, Denmark akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 melalui gol Bendtner. Umpan silang terarah dari Michael Krohn-Dehli, mampu ia maksimalkan dengan baik untuk menorehkan namanya di papan skor.

Portugal tak tinggal diam. Ronaldo sempat mendapat peluang emas pada menit ke-44. Akan tetapi, usahanya masih belum membuahkan hasil, karena dapat digagalkan pemain belakang Denmark.

Selepas turun minum, Denmark lebih menguasai pertandingan. Beberapa kali kombinasi Bendtner, Krohn-Dehli dan Christian Eriksen menciptakan peluang berbahaya di barisan pertahanan Portugal. Namun, Pepe dan kawan-kawan tampil sigap menahan gempuran tersebut.

Pada menit ke-78, Portugal mendapat kesempatan emas untuk menambah keunggulan. Tapi, lagi-lagi Ronaldo menyia-nyiakan peluang tersebut. Meski sudah tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Andersen, ia kurang sempurna melakukan tendangan yang hanya melebar ke sisi kiri gawang.

Denmark akhirnya mampu menyamakan kedudukan dua menit berselang. Bendtner kembali mencetak gol keduanya setelah mampu memaksimalkan umpan silang Jakob Poulsen pada menit ke-80. Meski sempat ditepis kiper Andersen, bola sundulannya mengenai tiang sebelum masuk ke dalam gawang.

Tak ingin imbang, Portugal terus menekan. pemain pengganti Varela kembali membuat pendukung Portugal bersorak setelah mencetak gol sekaligus mengubah skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Portugal. Skor itu pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Denmark menguasai bola 58 persen dan menciptakan enam peluang emas dari delapan usaha. Adapun, Portugal melepaskan 12 tembakan ke arah gawang dari 17 kali percobaan.

Susunan Pemain:
Denmark: 1-Stephan Andersen, 4-Daniel Agger, 3-Simon Kjaer, 5-Simon Poulsen, 6-Lars Jacobsen, 21-Niki Zimling (19-Jakob Poulsen 16), 7-William Kvist, 9-Michael Krohn-Dehli, 10-Dennis Rommedahl (23-Tobias Mikkelsen 60), 11-Nicklas Bendtner, 8-Christian Eriksen

Portugal: 12-Rui Patricio, 3-Pepe, 2-Bruno Alves, 5-Fabio Coentrao, 21-Joao Pereira, 4-Miguel Veloso, 8-João Moutinho 16-Raul Meireles (18-Varela 84), 7-Cristiano Ronaldo, 23-Helder Postiga (11-Castro Oliviera 64), 17-Nani

Wasit: Craig Thomson

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -