Posted by : Vicio rizky

KHARKIV, KOMPAS.com - Belanda menyerah 1-2 kepada Jerman pada pertandingan matchday 2 Grup B Piala Eropa 2012, di Metalist Stadium, Rabu (13/6/2012). Hasil itu membuat Belanda duduk di dasar klasemen dengan poin nol, kalah tiga angka dari Denmark dan Portugal di tempat ketiga dan kedua.

Dengan begitu, untuk masuk perempat final, selain harus menang setidaknya 2-0 atas Portugal pada matchday ketiga, Belanda juga membutuhkan bantuan Jerman untuk mengalahkan Denmark. Sementara Jerman hanya membutuhkan hasil seri untuk masuk perempat final.

Kemenangan Jerman diawali gol Mario Gomez pada menit ke-24. Dalam keadaan memunggungi gawang lawan dan terkawal pemain lawan, Gomez menjangkau umpan Bastian Schweinsteiger, membalik badan, dan melepaskan tembakan akurat yang gagal dihalau Maarten Stekelenburg.

Gomez mencetak gol keduanya pada menit ke-38. Setelah menguasai umpan terobosan Schweinsteiger, ia menggiring bola dan melepaskan tendangan kaki kanan yang membuat bola melesat masuk gawang Belanda.

Belanda memangkas selisih lewat Robin van Persie pada menit ke-73. Dari luar kotak penalti, Van Persie melepaskan tendangan yang membuat bola kiriman Wesley Sneijder melesat masuk sudut kiri bawah gawang Manuel Neuer.

Kedua kubu bermain terbuka sejak menit awal. Sementara Jerman kesulitan menuntaskan serangan dengan eksekusi, Belanda menciptakan sejumlah peluang yang tidak dimanfaatkan secara optimal.

Pada menit keenam, misalnya, Robin van Persie melepaskan tembakan yang mengarah tepat ke Manuel Neuer. Empat menit kemudian, Van Persie melihat tembakannya dari tengah kotak penalti, meleset ke sisi kanan gawang Jerman.

Setelah gol pertama Gomez, permainan tak banyak berubah. Belanda tetap dominan, tetapi Jerman tak mengalami kesulitan memangkas serangan lawan dan melancarkan balasan.

Jerman mulai tampak mengendalikan keadaan setelah gol kedua Gomez. Selain bisa meredam agresivitas Belanda, mereka semakin sering membahayakan gawang Belanda. Namun, Stekelenburg melakukan penyelamatan penting yang membuat peluang emas Jerman gagal berbuah gol, misalnya tembakan Schweinsteiger pada menit ke-45+1.

Jerman membuka babak kedua dengan serangan yang berujung tembakan dari Mats Hummels. Namun, Stekelenburg bisa mengantisipasinya. Belanda membalas itu dengan tembakan Van Persie, pada menit ke-57, yang meleset dari sasaran.

Empat menit kemudian, Sneijder melepaskan tembakan yang diblok Holger Badstuber. Kegagalan itu disusul tembakan Van Persie, yang membuahkan gol.

Setelahnya, Belanda cukup mampu mempertahankan tekanan. Namun, Jerman memperbaiki koordinasi permainan mereka, sehingga selain bisa memotong alur serangan lawan, juga bisa melancarkan sejumlah serangan berbahaya. Namun, skor 1-2 tak berubah hingga peluit berbunyi panjang.
Menurut catatan UEFA, selama pertandingan, Belanda menguasai bola sebanyak 52 persen dan melepaskan enam tembakan akurat dari 13 usaha. Adapun Jerman menciptakan sembilan peluang emas dari 12 percobaan.

Susunan pemain
Belanda:
1-Maarten Stekelenburg; 4-Joris Mathijsen, 3-John Heitinga, 15-Jetro Willems, 2-Gregory Van Der Wiel; 8-Nigel De Jong, 6-Mark Van Bommel (23-Rafael Van der Vaart 46), 20-Ibrahim Afellay (9-Klaas-Jan Huntelaar 46), 11-Arjen Robben (7-Dirk Kuyt 81); 16-Robin van Persie, 10-Wesley Sneijder

Jerman: 1-Manuel Neuer; 14-Holger Badstuber, 5-Mats Hummels, 16-Philipp Lahm, 20-Jerome Boateng; 7-Bastian Schweinsteiger, 6-Sami Khedira, 10-Lukas Podolski, 13-Thomas Mueller (15-Lars Bender 90); 23-Mario Gomez (11-Miroslav Klose 72), 8-Mesut Oezil (18-Toni Kroos 79)

Wasit: Jonas Eriksson

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -