Posted by : Vicio rizky

Timnas Indonesia U-21 memastikan diri melaju ke partai semifinal turnamen Hassanal Bolkiah Trophy 2012. Kepastian itu diperoleh setelah Andik Vermansyah cs. memetik kemenangan dengan skor 3-0 dari Filipina di laga terakhir penyisihan Grup A di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Minggu (4/3). Di partai pamungkas itu, Indonesia memang tampil meyakinkan. Dengan mengandalkan kecepatan, Andik Vermansyah cs. terus berupaya mencipta peluang di atas kondisi rumput yang basah akibat diguyur hujan. Hasilnya, sejumlah peluang pun menghampiri tim Merah Putih di awal babak pertama. Satu di antaranya bahkan langsung berakhir menjadi sebuah gol.

Gol pertama milik Indonesia tercipta berawal dari bola tendangan bebas yang coba dihalau pemain Filipina. Namun kerasnya sepakan membuat bola yang dihalau terpental ke depan gawang Filipina. Bola liar itupun dimanfaatkan dengan baik oleh Andik dengan tandukannya pada menit ke-17. 1-0 Indonesia memimpin.

Unggul 1-0, Indonesia belum puas. Dengan kondisi yang berada di atas angin, Andik cs. tak sedikitpun mengendorkan daya serangnya. Situasi itu membuat Indonesia kembali dihampiri peluang. Namun sayang, dua di antaranya hanya berujung sia-sia. Performa apik Paulo Pascual di bawah mistar gawang Filipina menjadi penyebabnya.

Meski begitu, Indonesia tak berhenti. Upaya yang ditunjukkan anak asuh Widodo C. Putro itupun membuahkan hasil. Tepatnya menit ke-44, Indonesia mendapatkan sebuah kesempatan emas setelah mereka dihadiahi tendangan penalti akibat Andik dijatuhkan di kotak terlarang.

Tanpa ampun, Andik yang menjadi eksekutor pun menghujam gawang Filipina dengan gol untuk kedua kalinya. Gol itu membuat Indonesia unggul 2-0.

Keunggulan dengan selisih dua gol itu tak membuat Indonesia mengendorkan daya gedornya. Terbukti, di babak kedua mereka terus berupaya mencipta peluang.

Kendati beberapa peluang seperti yang dimiliki Andik, Syaiful Indra Cahya, dan Kurniawan gagal, namun Indonesia akhirnya bisa mencetak gol tambahan  pada menit ke-63. Gol tersebut dicetak oleh Yosua Pahabol dengan memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Andik yang dimentahkan Paulo. 3-0 Indonesia memimpin.

Keunggulan itupula yang membuat Widodo tampak cukup puas. Terbukti, mantan asisten Rahmad Darmawan di timnas U-23 itu langsung melakukan beberapa pergantian. Tepatnya menit ke-74, ia menarik Andik, digantikan oleh Fadly. Sepuluh menit berselang, Widodo juga menarik M. Ridwan, untuk memberi kesempatan kepada Aji Saka mengawal gawang Indonesia.

Untungnya pergantian itu tak membawa dampak negatif pada tim. Skor 3-0 pun bertahan dan Indonesia menang.

Dengan kemenangan itu, Indonesia kini mengantongi tujuh poin. Unggul atas Laos yang mengumpulkan enam poin dan Singapura yang dipartai terakhirnya harus puas mendapat satu poin. Indonesia pun berhak melaju ke partai semifinal, mendamping Myanmar, sang juara grup.
Susunan Pemain
Indonesia: 1-M. Ridwan (GK) (Aji Saka 84'), 4-Syaiful Indra Cahya, 3-Samsul Arifin, 13-Kurniawan, 8-Ridwan Awaludin, 2-Achmad Faris Ardiansyah, 6-Nurmufid Fatabiqul Khairot, 5-Agus Nova Wiantara, 19-Miko Ardiyanto, 7-Yosua Pahabol, 10-Andik Vermansyah (C)

Cadangan: 12-Aji Saka (GK), 18-Anugrah Agung Rosyam, 11-Fadly M., 21-Ryan, Putra Maylandu, 25-Achmad Hisyam, 14-Abdul Kamil Sembiring

Filipina: 1-Paulo Pascual (GK) (Russel Pierson 89'), 2-Jerry Barbaso (C), 5-Amani Agunaldo, 15-Angelo Verheye Marasigan, 16-David Pusing, 6-Gabriel Borja, 4-Jacques Van Bossche, 10-Joshua Beloya (Joseph San Martin 76'), 8-Marvin Janwer Malinay Angeles, 11-Marwin Janwer Malinay Angeles, 13-Allen Sema

Cadangan: 17-Joseph San Martin, 25-Russel Pierson

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -