Posted by : Vicio rizky

Barcelona, Mes Que Un Club...


BARCELONA, KOMPAS.com - Mes que un club adalah kalimat yang bakal ditemui di segala penjuru Estadi del FC Barcelona atau stadion Klub Sepakbola Barcelona yang lebih dikenal sebagai Camp Nou. Kalimat itu juga tertulis besar-besar di deretan bangku penonton sehingga semua orang yang memasuki Camp Nou akan melihatnya sangat jelas.
Apakah arti kalimat itu? Seorang pemandu di Museum Barcelona mengatakan, "Mes que un club berarti 'lebih dari sekadar klub'. Itulah FC Barcelona. Kami lebih dari sekadar klub sepakbola."

Memang FC Barcelona adalah klub olahraga yang paling mewakili wilayah Catalunia, sekaligus duta yang membawa nama Barcelona ke seluruh dunia. Namun FC Barcelona adalah juga "more than a club" bagi banyak orang yang melihat Barca sebagai pembela gigih hak-hak demokratis dan kebebasan.

Salah satu alasan bahwa FC Barcelona layak menyandang semboyan itu adalah keputusan klub untuk memberikan kontribusi 0,7 persen dari pendapatan bagi Yayasan FC Barcelona yang berkomitmen dalam program kemanusiaan Unicef. Maka tak heran bila logo Unicef  ditempelkan juga di seragam pemainnya. Inilah yang membuat Barcelona unik.

"Sepak bola telah menjadi fenomena global, dan dukungan untuk Barcelona telah menyebar di seluruh dunia. Jumlah anggota klub dari luar Catalonia dan Spanyol terus meningkat, dan klub ingin menanggapi semangat untuk Barca itu. Cara terbaik adalah menjadi "lebih dari sebuah klub di seluruh dunia", dengan membawa kepedulian terhadap kemanusiaan," demikian tertulis dalam fcbarcelona.com.

Semboyan 'mes que un club' pertama kali diungkapkan oleh Presiden Narcis de Carreras, dalam pidato di bulan Januari 1968. Ia menggunakan kata-kata ini untuk menggambarkan pentingnya FC Barcelona di Catalonia, sebagai salah satu simbol perjuangan Catalonia untuk merdeka.

Kemudian, pada tahun 1973, dalam kampanye pemilihan kembali menjadi presiden klub, Agusti Montal i Costa mengadopsi semboyan tersebut. Barca adalah "quelcom més que un club de futbol" (sesuatu yang lebih dari sebuah klub sepak bola), katanya dalam kampanye, yang akhirnya dimenangkan oleh Lluís Casacuberta.

Ditilik lebih jauh, semboyan 'mes que un club' adalah pemikiran pendiri klub Joan Gamper selama kepemimpinannya tahun 1908. Saat itu Gamper berusaha menyelamatkan klub dari penutupan. Pada 2 Desember 1908, Gamper dengan lantang mengatakan, "Barcelona tidak boleh dan tidak bisa mati. Jika tak ada seorang pun yang ingin menyelamatkan, saya akan bertanggung jawab penuh dan merawatnya di masa depan."

Gamper menyatakan, alasan klub harus tetap berdiri adalah demi olahraga. Namun ada hal lain, yakni klub harus menjadi organisasi pro-Katalan dan aktif melayani negaranya yakni Catalonia. Di situlah FC Barcelona menjadi pembela hak-hak identitas dan nasional Catalonia secara politis.

Semangat yang disuntikkan Gamper ke FC Barcelona sejak 1908 bertahan sampai sekarang dan ditulis dalam statuta klub. Pasal 4 statuta, menyebutkan fungsi dari klub antara lain "melengkapi, mempromosikan dan berpartisipasi dalam aktivitas sosial, budaya, seni, ilmiah atau rekreasi yang diperlukan untuk mempertahankan representasi publik, buah dari tradisi kesetiaan dan pelayanan kepada anggota klub, warga negara dan Catalonia ".

Untuk alasan yang berbeda, orang yang tinggal di Spanyol, selain Catalonia, juga memanfaatkan ruh 'mes que un club' sebagai suatu bentuk perjuangan. Gerakan ini datang dari kelas intelektual dan politisi sayap kiri yang menjadi pendukung Barca sebagai pengakuan atas perannya dalam membela hak-hak demokratis dan kebebasan.

Kini semangat "mes que un club" muncul makin hebat. Namun kini semboyan itu lebih dilihat sebagai usaha pembelaan kebebasan dan demokrasi secara global. Setiap kali FC Barcelona memenangkan suatu pertandingan, pendukungnya juga merayakan kemenangan demokrasi dan kebebasan atas segala bentuk penindasan. Itulah bukti bahwa FC Barcelona memang bukan sekedar klub sepakbola.

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -