Posted by : Vicio rizky

MILAN, KOMPAS.com — Meski menguasai pertandingan, Barcelona gagal mencuri poin penuh saat bertandang ke San Siro, kandang AC Milan, pada leg pertama babak perempat final Liga Champions, Rabu atau Kamis (29/3/2012) dini hari WIB. Kokohnya barisan pertahanan Milan membuat Barcelona hanya mampu bermain imbang 0-0.

Di depan publiknya sendiri, Milan memulai pertandingan dengan rasa percaya diri yang tinggi. Pertandingan baru berjalan tiga menit, Milan hampir membuat pendukung tim tamu terdiam, setelah Robinho mendapat peluang emas. Sayang, usaha pemain asal Brasil tersebut masih belum membuahkan hasil.

Barcelona tak tinggal diam. Tim asuhan Pep Guardiola itu mencoba keluar tekanan dengan lebih banyak memainkan bola di tengah lapangan. Pada menit ke-17, Lionel Messi mampu mencetak gol ke gawang Milan. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena Messi lebih dulu berada di posisi offside.

Dua menit berselang, giliran Zlatan Ibrahimovic yang mengancam gawang Barcelona. Namun, tendangannya dari dalam kotak penalti masih lemah dan mampu diantisipasi cukup baik oleh kiper Victor Valdés.

Pada pertengahan babak pertama, Barcelona lebih mendominasi serangan. Berkali-kali kombinasi Lionel Messi, Andrés Iniesta, Xavi, dan Alexis Sánchez merepotkan barisan pertahanan "I Rossoneri" yang lebih bermain bertahan. Sementara itu, peluang-peluang Milan lebih banyak dihasilkan dari serangan balik yang cepat.

Tiga menit menjelang akhir pertandingan, Xavi mendapatkan peluang. Akan tetapi, bola tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih menyamping tipis di atas mistar gawang Milan.
Selepas turun minum, Barcelona masih menguasai jalannya pertandingan. Namun, strategi bertahan Milan dengan menurunkan hampir seluruh pemainnya jika ditekan membuat Barcelona sedikit frustrasi. Berkali-kali usaha Messi dan kawan-kawan mampu digagalkan oleh barisan pertahanan Milan.
Pada menit ke-67, Messi mendapatkan kesempatan. Menerima umpan dari Xavi, pemain asal Argentina tersebut kemudian melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Sayang, tendangannya masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Abiatti.
Sembilan menit berselang, giliran Iniesta yang mengancam pada menit ke-76. Namun, umpan terobosan terarahnya kepada Xavi masih mampu dipotong dengan cukup baik oleh Abiatti.
Barcelona terus menekan Milan hingga menit-menit akhir pertandingan. Tiga menit menjelang akhir pertandingan, Messi kembali mendapat peluang emas. Lolos dari jebakan offside, Messi kemudian melepaskan tendangan keras dari jarak dekat yang mampu ditepis Abiatti.
Pemain pengganti Cristian Tello yang mencoba memanfaatkan bola rebound itu pun masih gagal karena dapat dihalau oleh bek Milan. Akhirnya, skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Barcelona menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 17 usaha. Adapun Milan melepaskan dua tembakan akurat dari lima kali percobaan.

Susunan pemain:
AC Milan: 32-Christian Abbiati, 13-Alessandro Nesta, 5-Philippe Mexes, 77-Luca Antonini, 25-Daniele Bonera, 23-Massimo Ambrosini, 27-Kevin-Prince Boateng (28-Urby Emanuelson 67), 10-Clarence Seedorf, 22-Antonio Nocerino, 11-Zlatan Ibrahimovic, 70-Robinho (92-Stephan El Shaarawy 52).

Barcelona: 1-Victor Valdés, 14-Javier Mascherano, 3-Gerard Piqué, 5-Carles Puyol, 2-Dani Alves, 16-Sergio Busquets, 15-Seydou Keita, 6-Xavi, 8-Andrés Iniesta (37-Cristian Tello 65), 9-Alexis Sánchez (17-Pedro 76), 10-Lionel Messi.

Wasit: Jonas Eriksson

{ 1 komentar... read them below or add one }

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -