Posted by : Unknown

Hai para blogger semua. sorry saya baru posting mengingat jadwal padat layaknya artis hehehe. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang SOPA dan PIPA. pasti kalian sudah pada tahu semua. Sekarang ini banyak sekali situs situs di internet pada memblackoutkan diri gara gara SOPA tersebut,seperti 4Shared yang sekarang hanya bisa diakses di HP,Wikipedia yang sempat blackout sehari,kemudian Megaupload yang sampai sekarang tidak bisa diakses,bahkan menurut berita,petinggi Megaupload ditangkap FBI terkait pembajakan yang ada hubungannya dengan SOPA-PIPA .Kenapa kita tidak boleh mendukung SOPA dan PIPA? Mengutip dari TEMPO (atau lebih tepatnya mengambil),"RUU SOPA atau Penghentian Pembajakan Online pertama kali digulirkan oleh Kongres ke Gedung Parlemen pada 26 Oktober 2011. Aturan itu diajukan untuk memperluas kemampuan penegak hukum di AS dan pemegang hak cipta dalam melawan perdagangan hak cipta serta kekayaan intelektual melalui media online.

Dalam prakteknya Departemen Kehakiman AS dan pemegang hak cipta bisa mengajukan permohonan ke pengadilan untuk menindak suatu situs yang dianggap melanggar hak cipta. Berdasar permohonan itu pengadilan dapat menutup jalur iklan yang masuk ke situs pelanggar hak cipta, membatasi mesin pencari yang berhubungan dengan situs tersebut, sampai dengan memblokirnya. SOPA juga bisa menindak penyebaran konten yang tidak disertai izin dengan hukuman lima tahun penjara.

Bahkan SOPA memberikan kekebalan terhadap layanan Internet, seperti jaringan pembayaran online dan iklan yang secara sukarela memutuskan hubungan dengan situs pelanggar. Dia juga meminta situs tersebut bertanggung jawab atas kerugian si pemegang hak cipta.

Berbeda dengan SOPA, RUU PIPA bertama kali diusulkan pada 12 Mei 2011 oleh Senator Patrick Leahy. Beleid tersebut berisi definisi tentang pelanggaran yang disebabkan oleh pendistribusian salinan palsu atau illegal copies dan barang palsu.

Sasaran PIPA pun bukan situs yang berdomisili di AS, melainkan situs yang terdaftar dan dioperasikan dari luar Abang Sam. Dengan otorisasi dari Departemen Kehakiman AS, situs pelanggar tidak akan bisa ditemukan oleh operator Internet. Bahkan penyedia transaksi keuangan, layanan iklan Internet, serta penyedia layanan Internet akan dilarang melakukan transaksi keuangan dengan situs tersebut dengan cara menghapus tautannya.

Selain itu mesin pencari seperti google.com akan diperintahkan menghapus atau menonaktifkan akses ke domain tersebut."

Maka dari itu,kita harus untuk tidak mendukung SOPA-PIPA,karena hal ini dapat memicu matinya kreativitas kita,sebagai para blogger atau bahkan bagi para blogger atau pemilik situs macam facebook,twitter,dsb yang mengandalkan Internet sebagai penghasilan utamanya,maka bisa dibayangkan banyak muncul pengangguran yang akibatnya tentu meningkatkan kriminal dan kemiskinan yang ada. Pasti dijamin kalau SOPA-PIPA disahkan,banyak yang demo,bahkan PERANG DUNIA 3 (lanjutan PD 1 dan 2) antara Amerika Serikat melawan seluruh negara di

belahan dunia.
 
Sekian postingan saya yang singkat ini. Semoga bermanfaat. terima kasih

{ 8 komentar... read them below or Comment }

  1. makasih infonya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Google n wikipedia juga ikut 'Blackout' (baca dr tetangga sebelah) ahhahaha
    cuman pesbuk ama twiter yg bertahan sob... ^_^

    BalasHapus
  3. Masih agak kurang faham, kalau itu ada sangkut pautnya dengan pembajakan, kalo kita blogger gak nulis konten yg berbau pembajakan kan gak pa2? bener gak sih? terus kenapa kayak fb sm twitter gitu ntar gak bisa lagi?

    BalasHapus
  4. @Feby Oktarista Andriawan tetap aja masalah gan. gini,msal kita ngeupload video konser band rock live d youtube,tpi klo tdak izin ma manaajemen band rock trsbut,manajemen trsbut bisa menuntut youtube yg mengakibatkan youtube dtutup. Nah lalu,klo youtube dtutup,si FBI akan memaksa google untuk menghapus youtube dri google. ngerti gk? intinya akses internet dtutup (gk boleh gratis) gan

    BalasHapus
  5. @Maz Evan tp mereka ttp tdak stuju gan. klo mereka berdua memblackoutkan diri,gk dpt duit pemiliknya

    BalasHapus
  6. nice info sob....
    saya baru kemarin aja dengar kata SOPA di Pesbuk..
    tapi disini baru saya tau jelas tentang SOPA dan PIPA....

    Salam blogger

    BalasHapus
  7. menurut saya sih ini konspirasi USA buat nguasai internet yang berati nguasai dunia
    -tabok ane ya kalau salah

    BalasHapus

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -