Posted by : Vicio rizky

Di malam yang sunyi ini,ane akan bagi bagi postingan ane yang dipelajari dari pelajaran PKN kelas 11+Wikipedia tapi dari gaya ane sendiri (maklum udah agak lupa gara2 liburan hehehe).Politik mempunyai pengertian proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik. dalam arti sempit berarti mempertahankan kekuasaan. Politik berasal dari bahasa Belanda politiek dan bahasa Inggris politics, yang masing-masing bersumber dari bahasa Yunani τα πολιτικά (politika - yang berhubungan dengan negara) dengan akar katanya πολίτης (polites - warga negara) dan πόλις (polis - negara kota).

Secara etimologi kata "politik" masih berhubungan dengan polisi, kebijakan. Kata "politis" berarti hal-hal yang berhubungan dengan politik. Kata "politisi" berarti orang-orang yang menekuni hal politik.
Tapi menurut masyarakat awam,politik cenderung kotor (berpikiran sempit yakni hanya bertujuan mempertahankan kekuasaan). Meski terdapat hubungan dengan demokrasi yang menjunjung tinggi HAM. Para penguasa biasanya melakukan berbagai cara dalam upaya mempertahankan kekuasaan. Baik dengan cara bersih misal melalui Pemilu yang berasaskan LUBER,melalui partai politik sebagai wadah dalam mendidik kader kadernya agar bisa jadi pemimpin yang berguna bagi masyarakat nantinya. Tapi terkadang bisa dengan cara "kotor" misal Korupsi (KKN), menyingkirkan saingan saingan mereka dengan cara curang,ataupun memperalat rakyat kecil (mengadu domba). Politik dalam suatu negara mempunyai berbagai sistem. Diantaranya Liberalisme yang menjunjung tinggi kebebasan individu,Komunisme dan Sosialisme yang menentang hak individu,monarki yang dipimpin raja atau ratu,dsb.
Selain itu dalam politik,masyarakat dapat berperilaku sesuai denga perilaku politik . Misalnya kita bisa mensukseskan PEMILU yang berasaskan LUBER.Mengikuti dan berhak menjadi insan politik yang mengikuti suatu partai politik atau parpol , mengikuti ormas atau organisasi masyarakat atau lsm lembaga swadaya masyarakat
Ikut serta dalam pesta politik
Ikut mengkritik atau menurunkan para pelaku politik yang berotoritas
Berhak untuk menjadi pimpinan politik
Berkewajiban untuk melakukan hak dan kewajibannya sebagai insan politik guna melakukan perilaku politik yang telah disusun secara baik oleh undang-undang dasar dan perundangan hukum yang berlaku.
Sekian postingan ane yang singkat dan sangat tidak jelas ini. hahaha . Jelasnya liat di WIKIPEDIA atau sumer sumber lain ya (maklum saya hanya orang awam)

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -