Posted by : Vicio rizky

di post singkat gue gue akan membahas masalah selamat natal. Aku sempat berdebat dengan teman fbku Lettha (soorry gue cntumkan). Si Lettha mengatakan bahwa dari guru ngajinya,si guru ngaji bilang mengucapkan Merry Christmas = Haram . "Mengucapkan Merry Christmas (Selamat Natal) atau perayaan keagamaan mereka lainnya kepada orang-orang kafir adalah haram hukumnya menurut kesepakatan para ulama (ijma). " bahwa dengan mengucapkan selamat Natal misalnya, berarti mengakui kelahiran Tuhan mereka. Itu kan sama saja dengan mengaku kebenaran agama mereka. Tapi mungkin kurang setuju karena jika ini diterapkan , mungkin di Indonesia akan terjadi perdebatan atau bahkan pertengkaran hebat. Mengapa? karena di Al Qur'an sendiri tidak dijelaskan. Selain itu,pengalaman sejak SMP yang sekolahnya beda agama (seperti di Bali yang mayoritaas Hindu dan di Surabaya sekolah katolik.) Bayangkan jika mayoritas umat beragam yang berbeda mengucapkan selamat hari raya kepada yang beda agama,bisa dikata mereka semua MURTAD. Ataupun suatu instansi yang mengucapkan selamat hari raya. Instansi kan banyak yang beda agama. Berarti mereka semua Murtad dong. Apa benar begitu? aku tak tahu juga. Mengapa? karena di Indonesia,punya banyak macam agama dan keyakinan yang kemudian menjadi 5 agama yakni Islam,katolik,protestan,hindu,dan Buddha+Khong Hu cu. Hmmm,kok bingungin gini ya? hahaha,cukup sekian aja deh. Daripada pusing pusing mencampur adukkan rasa persatuan atau nasionalis dengan agama.

{ 9 komentar... read them below or Comment }

  1. Mengucapkan Selamat Natal = Haram ???
    sangat membingungkan sekali, saya memilih untuk diam dan tidak mengucapkan selamat natal. hehehe... ntar takutnya saya salah, bisa berabe dong. wkwkwk...

    BalasHapus
  2. @download center software klo gue,diem aja mngkin dianggap tk hormat+apatis dan tk menghargai umat beragama yg dilindungi oleh UUD 1945+Pancasila sila 1-5

    BalasHapus
  3. jadi ada kata lainn ga' untuk diucapin slain mengucapkat slamat ****L

    BalasHapus
  4. w udh pernah debat sma orang2 yang ada di debat islam-kristen.

    secara pemikiran sempit emang pikiran yang lw pake itu bener
    tapi secara pemikiran luas.. i dont think so...

    sekarang w tanya balik... kalo agama lain selain kristen itu apa mengajarkan untuk wajib menjauhi sama agama lain????

    hati2 bos ama ajaran agama yang sesat masuk ke dalam agama kita

    kalo lw mau tau lebih lanjut nih masuk ke sini

    http://www.facebook.com/pages/Debat-Kristen-Islam/115446608498662

    tapi ini buat orang yang imannya bener2 kuat dan pinter,... ane aja ga tahan masuk situ..

    BalasHapus
  5. @Judithya klo kristen gak menjauhi agama lain kok,justru mereka biasanya melayani sesamanya (istilahnya gtu,mklum ak sekolahnya katolik),agama skarang mnurutku trlalu dcsmpuradukkan dg trkadang msalah politik. tuk forum yg agan sarankan,ak gk mw ikut2an (liat miyabi aja gk kuat apalagi ikut forum bgtuan,wkwkwk)

    BalasHapus
  6. @Simple Semua hmmm apa y? enaknya Selamat Makan aja pakai. hahaha.

    BalasHapus
  7. @tegas haram mengucapkan selamat natal/selamat tahun baru/selamat imlek/selamat galungan/dll moga bisa dipahami oleh kaum minoritas ya .... tapi harap ngucapin selamat idul fitri ....

    BalasHapus
  8. whats up viciorizky.blogspot.com blogger found your blog via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered site which offer to dramatically increase traffic to your blog http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer best backlink service Take care. Jason

    BalasHapus

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -