Posted by : Unknown

WARSAWA, KOMPAS.com - Yunani meraih kemenangan 1-0 atas Rusia, pada pertandingan matchday ketiga Grup A Piala Eropa, di Stadion Nasional Warsawa, Sabtu (16/6/2012), dan dengan begitu berhak masuk ke perempat final sebagai runner-up, dengan empat poin, atau dua angka di bawah Ceko.

Gol Yunani diciptakan Giorgos Karagounis pada menit ke-45+2. Sebuah lemparan ke dalam gagal diantisipasi oleh Sergei Ignashevich, sehingga bola dikuasai Karagounis dan dari tengah kotak penalti ditembakkan masuk gawang.

Pada paruh pertama, kedua kubu bermain cukup terbuka. Namun, hal itu diimbangi dengan soliditas di lini belakang, sehingga serangan kedua kubu tak kunjung membuahkan gol, sampai terciptanya gol Karagounis.

Rusia lebih dulu menciptakan ancaman, lewat Andrei Arshavin pada menit ketiga, yang bisa diantisipasi Michail Sifakis. Tiga menit kemudian, giliran Fanis Gekas yang melihat tembakannya dijinakkan Vyacheslav Malafeev.

Setelah tembakan Vasilis Torosidis pada menit ketujuh membentur pagar betis, Rusia membalas dengan tembakan Roman Shirokov dan Arshavin pada menit, yang semuanya kandas di tangan Sifakis.

Selepas menit ke-15, Rusia tampak lebih mendominasi permainan dan lebih sering membahayakan gawang lawan. Barisan bek Yunani kerepotan, tetapi berhasil menutup ruang, sehingga lawan kesulitan menuntaskan serangan dengan eksekusi akurat.

Sebelum gol Karagounis, Rusia melepaskan tidak kurang dari lima tembakan secara beruntun, salah satunya adalah tembakan Shirokov, yang diblok  Giannis Maniatis, pada menit ke-45.

Pada babak kedua, permainan tak banyak berubah. Rusia tetap tampil agresif dan dominan. Namun, Rusia terus mengalami kesulitan mendapatkan hasil maksimal.

Pada menit ke-54, misalnya, Roman Pavlyuchenko melepaskan tembakan, yang melesat ke atas mistar gawang Sifakis. Tiga menit kemudian, Igor Denisov melihat tembakannya meleset ke sisi kiri gawang.

Setelah tembakan Alexander Anyukov pada menit ke-69 meleset dari sasaran, Yunani mencuri serangan yang berujung tembakan dari Giorgios Tzavella dan Georgios Samaras pada menit ke-70. Sementara tembakan Tzavella membentur mistar, bola sundulan Samaras melesat ke atas gawang.

Rusia bereaksi cepat keluar dari tekanan Yunani. Usaha pertama mereka membuahkan tembakan Anyukov pada menit ke-76, yang diblok Makos.

Rusia bisa mempertahankan tekanan mereka kali ini, tetapi mereka tetap gagal mengejar ketinggalan. Sebelum peluit berbunyi panjang, Rusia mendapatkan peluang dari Shirokov dan Denisov, pada menit ke-90 dan ke-90+1. Namun, semua kandas di tangan Sifakis.
Menurut catatan UEFA, selama pertandingan, Rusia menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan sepuluh peluang emas dari 25 usaha. Adapun Yunani melepaskan dua tembakan akurat dari lima percobaan.

Susunan pemain:
Yunani:
13-Michail Sifakis; 5-Kyriakos Papadopoulos, 19-Sokratis Papastathopoulos, 3-Giorgios Tzavellas, 15-Vasilis Torosidis; 21-Kostas Katsouranis, 10-Giorgos Karagounis (6-Grigoris Makos 67), 2-Giannis Maniatis; 7-Georgios Samaras, 17-Theofanis Gekas (20-Jose Holebas 64), 14-Dimitris Salpingidis (18-Sotiris Ninis 83)

Rusia: 16-Vyacheslav Malafeev; 4-Sergei Ignashevich, 12-Alexei Berezutsky, 5-Yuri Zhirkov, 2-Alexander Anyukov (9-Marat Izmailov 81); 7-Igor Denisov, 22-Denis Glushakov (20-Pavel Pogrebnyak 72), 6-Roman Shirokov;  10-Andrei Arshavin, 11-Alexander Kerzhakov (14-Roman Pavlyuchenko 46), 17-Alan Dzagoev

Wasit: Jonas Eriksson

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -