Posted by : Vicio rizky

Kiev - Danny Welbeck tampil sebagai pahlawan Inggris ketika tendangan dengan tumitnya masuk ke gawang Andreas Isaksson. Usai laga, Welbeck mengaku senang dengan kemenangan timnya, tapi juga kecewa. Mengapa?

Inggris berhasil menundukkan Swedia dalam laga kedua Grup D Piala Eropa 2012 itu dengan skor 3-2. Kejar mengejar gol terjadi dalam laga yang digelar di kota Kiev, Sabtu (16/6/2012) dinihari WIB, tersebut.

Sempat unggul 1-0 lewat Andy Carrol, Inggris mesti tertinggal 1-2 hingga menit 63, sampai akhirnya Theo Walcott membobol gawang Swedia melalui tendangan jarak jauh. Welbeck lalu mencetak gol penentu di menit 78. Skor pun berubah 3-2 untuk keunggulan Inggris dan bertahan hingga usai.

Pun begitu, Welbeck mengaku sempat kecewa karena mesti kemasukan dua gol oleh Swedia.

"Saya senang dengan hasilnya dan mendapatkan tiga poin, meski kecewa lantaran kebobolan dua gol pada awal babak kedua. Namun, kami tetap kompak dan menunjukkan semangat tinggi," ujarnya seperti dikutip Sky Sports.

Pada pertandingan terakhir melawan Ukraina, Welbeck berharap rekannya-rekannya lebih fokus. Karena sebagai tuan rumah, Ukraina butuh kemenangan untuk lolos ke babak perempatfinal.

"Kami akan kembali ke Polandia (markas Inggris) untuk memulihkan kondisi dan kemudian bersiap melawan Ukraina," pungkasnya.
Jalannya Pertandingan :
Kesempatan pertama hadir pada menit ke-7. Sebuah sepakan jarak jauh gelandang Scott Parker membuat kiper Swedia, Andreas Isaksson, terkejut. Beruntung, Isaksson masih mampu mengamankan gawangnya dari peluang Parker.

Inggris semakin percaya diri membangun serangan. Dua menit setelah peluang Parker, pasukan Roy Hodgson mendapatkan kesempatan unggul. Namun sayangnya, tembakan Danny Welbeck masih bisa diblok para pemain bertahan Swedia.

Gol yang dinanti Inggris akhirnya hadir pada menit ke-23. Kolaborasi dua pemain Liverpool, Steven Gerrard dan Andy Carroll, menjadi pemecah kebuntuan Inggris. Umpan silang Gerrard disambut sundulan keras Carroll yang tak mampu diselamatkan Isaksson. Carroll pun sukses memberikan kepercayaan yang diberikan Hodgson saat tampil sebagai pemain inti.

Tak ingin terus ditekan, Swedia mencoba menembus daerah pertahanan Inggris yang dikomandoi John Terry dan Joleon Lescott. Namun, kali ini usaha Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-33 masih jauh dari sasaran. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Pertandingan berlangsung lebih menarik setelah turun minum. Terbukti, Swedia langsung tampil menyerang saat peluit babak kedua dibunyikan.

Hasilnya langsung terlihat empat menit kemudian. Dari sebuah tendangan bebas Ibrahimovic yang membentur pagar betis, bola kembali memantul kepadanya yang langsung mengirimkan umpan akrobatik kepada Olof Mellberg. Sepakan Mellberg sempat berhasil diblok oleh Hart. Namun, malang bagi Glen Johnson, bola tepisan Hart malah mengenai badannya dan mengarah masuk ke gawang Inggris. Skor kembali imbang 1-1 untuk kedua tim.

Gol penyeimbang itu semakin melecut semangat Ibrahimovic dan kawan-kawan. Memasuki menit ke-59, Swedia malah berbalik unggul. Dari sebuah umpan tendangan bebas Sebastian Larsson, bola mampu ditanduk Mellberg yang tanpa pengawalan berarti, Hart hanya bisa terperangah melihat gawangnya bobol untuk kedua kalinya.

Merasa daya gedor Inggris mengendur, Hodgson memainkan Theo Walcott untuk menggantikan James Milner pada menit ke-61. Keputusan Hodgson terbukti jitu. Baru tiga menit masuk ke lapangan, sebuah kesempatan pertama Walcott langsung berbuah hasil. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti menghunjam jala Isaksson untuk membuat skor kembali imbang 2-2.

Masuknya Walcott memang berpengaruh banyak terhadap permainan Inggris. Memasuki menit ke-78, Inggris memastikan kemenangan 3-2 atas Swedia. Akselerasi Walcott dari sisi kiri pertahanan Swedia diteruskan umpan silang ke depan mulut gawang Isaksson. Di sana, sudah berdiri Welbeck yang sigap menyambut umpan Walcott dengan sentuhan tumitnya.

Kesempatan Swedia untuk menyamakan skor gagal terwujud saat wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan itu membawa Inggris duduk di peringkat kedua Grup D dengan 4 poin. Inggris hanya kalah selisih gol dari Perancis yang menang atas Ukraina. Sementara bagi Swedia, hasil negatif tersebut membuatnya menjadi tim kedua yang tersingkir di ajang ini setelah Irlandia.

Susunan pemain:
Swedia (4-4-2):
Isaksson; Mellberg, Granqvist (Lustig 66), J. Olsson, M. Olsson; Larsson, Elm (Wilhemsson 81), Svensson, Kallstrom; Ibrahimovic, Elmander (Rosenberg 79)
Cadangan: Wiland, Hansson, Antonsson, Safari, Wernbloom, Holmén, Bajrami, Hysén, Toivonen,

Inggris (4-4-2): Hart; Johnson, Terry, Lescott, Cole; Milner (Walcott 61), Gerrard, Parker, Young; Welbeck (Oxlade-Chamberlain 90), Carroll
Cadangan: Green, Butland, Kelly, Baines, Jones, Jagielka, Henderson, Downing, Defoe

Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -