Posted by : Vicio rizky

KHARKIV, KOMPAS,com — Gelandang Cristiano Ronaldo mencetak dua gol yang menentukan kemenangan Portugal 2-1 atas Belanda pada matchday ketiga Grup B, di Metalist Stadium, Minggu (17/6/2012). Dengan hasil tersebut, Portugal menjadi masuk perempat final sebagai runner-up grup dengan nilai enam dan Belanda menjadi juru kunci dengan nilai nol.

Belanda unggul lebih dulu melalui Rafael van der Vaart pada menit ke-11. Memanfaatkan umpan Arjen Robben, Van der Vaart melepaskan tendangan kaki kiri yang membuat bola melesat masuk ke sudut kanan bawah gawang Rui Patricio.

Gol balasan Portugal dicetak Cristiano Ronaldo pada menit ke-28. Setelah menguasai umpan terobosan Joao Pereira, yang gagal dihalau Jetro Willems. Ronaldo menggiring bola masuk kotak penalti dan dalam kawalan Ron Vlaar menyepak bola masuk gawang Maarten Stekelenburg.

Portugal berbalik unggul berkat gol Ronaldo pada menit ke-74. Setelah menguasai umpan Nani di tengah kotak penalti, Ronaldo sempat menahan bola sebelum menyepaknya masuk ke sudut kanan bawah gawang Stekelenburg.

Sebelum gol Van der Vaart, Belanda mendominasi permainan, tetapi tak banyak menciptakan ancaman serius ke gawang Portugal. Setelah kebobolan, Portugal bermain agresif, tetapi mampu menjaga keseimbangan sehingga mampu menciptakan sejumlah peluang, nyaris tanpa membahayakan gawang sendiri.

Pada menit ke-16 dan ke-17, Portugal mendapat peluang dari Ronaldo dan Helder Postiga. Sementara tembakan Ronaldo meleset, percobaan yang dilakukan Postiga diantisipasi Stekelenburg.

Setelah gol Ronaldo, Portugal semakin membahayakan benteng Belanda. Namun, Stekelenburg bisa membuat usaha lawan tak membuahkan gol. Pada menit ke-33, misalnya, Stekelenburg mementahkan tembakan jarak jauh Ronaldo.

Pada babak kedua, pertandingan tak banyak berubah. Belanda masih kesulitan mengalirkan serangan dan menciptakan ruang tembak. Di sisi lain, dengan umpan terobosan dan permainan sayap, Portugal konsisten membahayakan benteng Belanda.

Pada menit ke-66, misalnya, Fabio Coentrao menembakkan bola kiriman Ronaldo dari tengah kotak penalti. Tembakannya akurat, tetapi bisa diantisipasi Stekelenburg.

Sebuah umpan Ronaldo juga nyaris membuahkan gol pada menit ke-72. Bola ditembakkan Nani dari jarak dekat ke sudut kiri bawah gawang, tetapi Stekelenburg kembali mampu menyelamatkan gawangnya.

Setelah gol Ronaldo, Belanda tampak lebih agresif dan berhasil menciptakan dua peluang, melalui Van der Vaart dan Van Persie pada menit ke-82 dan ke-87. Sementara tembakan Van der Vaart membentur tiang kiri gawang, tembakan Van Persie meleset ke sisi kiri gawang.

Portugal membalas itu dengan tembakan jarak jauh Cristiano Ronaldo menjelang injury time. Namun, bola membentur tiang kiri gawang.
Menurut catatan UEFA, selama pertandingan, Portugal menguasai bola sebanyak 41 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 22 usaha. Adapun Belanda melepaskan lima tembakan akurat dari 13 percobaan.
Pada perempat final, Portugal akan melawan Ceko dan juara Grup B, Jerman, akan bertemu Yunani.

Susunan pemain
Portugal (4-3-3):
12-Rui Patricio; 2-Bruno Alves, 3-Pepe, 5-Fabio Coentrao, 21-Joao Pereira; 4-Miguel Veloso, 8-Joao Moutinho, 16-Raul Meireles (6-Custodio Dias de Castro 72); 7-Cristiano Ronaldo, 23-Helder Postiga (11-Nelson Oliveira 64), 17-Nani (14-Rolando 87)

Belanda (4-2-3-1): 1-Maarten Stekelenburg; 4-Joris Mathijsen, 13-Ron Vlaar, 15-Jetro Willems (20-Ibrahim Afellay 67), 2-Gregory Van Der Wiel; 23-Rafael Van der Vaart, 8-Nigel De Jong; 10-Wesley Sneijder, 16-Robin van Persie, 11-Arjen Robben; 9-Klaas-Jan Huntelaar

Wasit: Nicola Rizzoli

Leave a Reply

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -