Posted by : Vicio rizky

LISABON, KOMPAS.com — Usaha Manchester City melaju ke babak perempat final Liga Europa cukup berat. Bertandang ke Estadio Jose Alvalade pada leg pertama babak 16 besar, Kamis atau Jumat (9/3/2012) dini hari WIB, City dipaksa menyerah 0-1 oleh Sporting Lisbon. Gol kemenangan Lisbon diciptakan oleh Alexandre Luiz "Xandao" Reame pada menit ke-51. Gol tersebut cukup indah karena Xandao menceploskan bola ke gawang City dengan menggunakan tumitnya.

Semenjak menit-menit awal, City memang sudah mendapatkan perlawanan ketat dari Sporting Lisbon. City pun dikejutkan dengan permainan cepat yang diperagakan "Sportinguistas", julukan klub tuan rumah.

Saat laga baru berjalan sebelas menit, bek Sporting, Joao Pereira, yang berhasil menembus kotak penalti City, melepaskan tembakan keras. Sayang, bola tembakan pemain bernomor punggung 47 tersebut masih bisa ditepis oleh Joe Hart.

City membalas. Sebuah serangan City bermuara kepada Kolo Touré. Ia menyundul bola silang pada menit ke-14. Namun, kiper Sporting, Rui Patricio, melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola.

Tak ingin kehilangan momentum, City terus menekan tim tuan rumah. Tim besutan Roberto Mancini tersebut kembali memiliki peluang emas pada menit ke-24. Di dalam kotak penalti lawan, Gareth Barry melepaskan tendangan melengkung. Usaha gelandang asal Inggris itu belum membuahkan hasil setelah bola gagal mengenai sasaran.

Memasuki pertengahan babak pertama, "The Citizens" tampak mendominasi permainan. Meski begitu, City kesulitan menciptakan peluang karena kerap melakukan kesalahan dalam melepaskan umpan dan terburu-buru memanfaatkan peluang. Kebuntuan itu belum terpecahkan sampai turun minum sehingga mereka hanya mampu bermain imbang tanpa gol.

City akhirnya harus tertinggal lebih dulu setelah Alexandre "Xandao" menjebol gawang Joe Hart pada menit ke-51. Gol berawal dari tendangan bebas Fernandez. Bola memang mampu ditepis kiper City, Joe Hart. Namun, Xandao langsung menyambarnya ke gawang. Hart kembali mampu mengeblok bola. Namun, bola kembali mengarah kepada Xandao. Meski mendapat pengawalan ketat dari Lescott, Xandao mampu memanfaatkan peluang. Dalam posisi membelakangi gawang City, dia tak mau membuang waktu dan menyodok bola dengan tumitnya ke arah gawang City. Kali ini, Joe Hart hanya bisa kaget melihat bola membobol gawangnya. Sporting pun unggul 1-0.

Belum sempat menciptakan ancaman berbahaya, City nyaris kebobolan pada menit ke-64. Dari sisi kanan pertahanan City, Emiliano Insua yang lolos dari jebakan offside mengirimkan bola kepada Ricky van Wolfswinke. Penyerang asal Belanda itu menyambut umpan tersebut dengan sepakan keras. Namun, Joe Hart kembali mempertontonkan aksi gemilang setelah berhasil menepis bola tembakan Wolfswinkie.

Tak ingin pulang dengan tangan hampa, Pelatih City, Roberto Mancini, berusaha memperbaiki skuadnya, terutama di sektor depan. Dia memilih memasukkan Mario Balotelli, menggantikan Edin Dzeko pada menit ke-71. Hadirnya Balotelli nyaris membuahkan hasil. Pada menit ke-73, Balotelli dengan kecepatannya berhasil menembus pertahanan lawan sebelum melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Silva menyambut umpan tersebut dengan sepakan keras. Sayang, bola tembakan gelandang asal Spanyol tersebut masih melebar.

Kegagalan tersebut tidak membuat City menyerah. Mereka terus berusaha mencari peluang untuk menciptakan gol. Namun, apa daya, usaha mereka selalu gagal dan terpaksa menelan kekalahan setelah skor 1-0 untuk keunggulan Sporting bertahan hingga laga usai.

Meski begitu, City masih memiliki kesempatan untuk membalas kekalahan saat menjamu Sporting pada leg kedua yang akan digelar di Stadion Etihad pada 15 Maret.

Susunan pemain
Sporting Lisbon:
1-Rui Patricio; 47-Joao Pereira, 4-Anderson Polga, 48-Emiliano Insua, 3-Daniel Carriço, 93-Alexandre Luiz Reame Xandao; 8-Stijn Schaars, 14-Matías Fernández, 11-Diego Capel, 10-Marat Izmailov (Bruno Peririnha 59); 9-Ricky van Wolfswinke.
Manchester City: 25-Joe Hart; 28-Kolo Touré, 4-Vincent Kompany (Lescott 17), 22-Gaël Clichy, 13-Aleksandar Kolarov; 18-Gareth Barry (Samir Nasri 59), 34-Nigel De Jong, 7-James Milner, 21-David Silva; 10-Edin Dzeko (Mario Balotelli 71), 16-Sergio Agüero.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. @admin,

    Ada award untuk kamu teman,, silahkan ambil ya

    di http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/fleanding-sites-choice-award.html

    dan cek hadiahnya di http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/hadiah-fleanding-sites-choice-award.html

    BalasHapus

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -