Posted by : Unknown

Lima kali menjadi tempat dilangsungkannya final Liga Champions, Stadion Wembley selalu menjadi tempat bersejarah bagi para peraih trofi kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa itu.

Untuk pertama kalinya, Stadion Wembley akan menjadi tempat perhelatan final Liga Champions, Sabtu waktu setempat atau Minggu (29/5/2011) WIB. Namun, secara total, itu untuk keenam kalinya Wembley menjadi tempat dilangsungkannya final kompetisi antarklub paling bergengsi se-Eropa yang sebelumnya bernama Piala Eropa (European Cup) itu.

Partai puncak Liga Champions kali ini mempertemukan jawara La Liga Spanyol Barcelona dan peraih trofi Liga Primer Inggris Manchester United.

Berikut momen-momen para jawara Piala Eropa yang menorehkan sejarah mereka di stadion nasional Inggris di London Utara itu sebagaimana dilansir Sportsmail.

22 Mei 1963: AC Milan 2 Benfica 1

Dua gol striker asal Brasil Jose Altafini menjadi penentu kemenangan Milan yang sempat tertinggal setelah kemasukan gol yang diceploskan pemain Benfica Eusebio. Kemenangan atas klub Portugal itu mengantarkan Milan meraih title pertama dari tujuh gelar European Cup yang mereka koleksi.

29 Mei 1968: Manchester United 4 Benfica 1

MU menjadi klub Inggris pertama yang mampu meraih gelar juara Piala Eropa setelah melewati partai alot melawan Benfica yang membuat pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu setelah keduanya bermain imbang 1-1 hingga babak II berakhir.

MU sempat unggul 1-0 berkat gol yang dilesakkan Bobby Charlton. Namun, keunggulan Setan Merah melayang setelah Graca menyarangkan gol untuk Benfica. Di babak perpanjangan waktu, MU menggila dengan menggilas wakil Portugal itu berkat tiga gol yang ditorehkan George Best, Brian Kidd, dan Bobby Charlton.

Kemenangan tersebut sekaligus menandai bangkitnya MU yang dalam satu dasawarsa itu berupaya membangun kembali tim mereka setelah insiden kecelakaan pesawat di Banda Udara Munich, Jerman, pada 1958. Sebanyak 20 penumpang tewas, termasuk delapan pemain MU. Charlton yang menjadi salah satu korban selamat memberikan kontribusi atas kemenangan MU melawan Benfica itu.

2 Juni 1971: Ajax 2 Panathinaikos 0

Tim Ajax Amsterdam yang dimotori Johan Cruyff membekuk wakil Yunani Panathinaikos dengan dua gol tanpa balas di akhir babak I dan II yang disarangkan oleh Dick van Dijk dan Arie Haan. Ajax tampil sebagai jawara dan untuk pertama kalinya menggondol Piala Eropa. Ajax kemudian berturut-turut memenangi trofi tersebut pada 1972 dan 1973 serta satu koleksi lagi pada 1995 ketika Piala Eropa berganti format menjadi Liga Champions.

10 Mei 1978: Liverpool 1 Club Brugge 0

Gol tunggal Kenny Dalglish ke gawang klub Denmark Brugge yang dikawal Birgir Jensen pada menit ke-65 memastikan Liverpool mempertahankan gelar European Cup. Itulah salah satu dari 31 gol pemain yang kini melatih Liverpool itu saat menjalani debutnya membela The Reds. Dalglish diboyong dari Glasgow Celtic dengan memecahkan rekor transfer senilai 440.000 poundsterling pada bursa transfer musim panas 1977.

20 Mei 1992: Barcelona 1 Sampdoria 0

Tendangan geledek Ronald Koeman yang berbuah gol memastikan Barcelona memenangi laga final melawan klub Italia Sampdoria. Gol tunggal pemain asal Belanda itu sekaligus mengantarkan Barcelona untuk pertama kalinya mengangkat trofi di final terakhir kompetisi antarklub se-Eropa sebelumnya UEFA mengganti format dan namanya menjadi Liga Champions itu.

Sejarah apa lagi yang bakal tercatat sebagai rekor perdana di final Barca versus MU akhir pekan nanti? Kita tunggu saja.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -