Posted by : Vicio rizky

KIEV, KOMPAS.com — Melalui adu penalti, Italia memenangi laga perempat final Piala Eropa melawan Inggris, di Olympic Stadium, Kiev, Minggu (24/6/2012). Di semifinal, Italia akan melawan Jerman di Stadion Nasional Warsawa, 28 Juni mendatang.
Adu penalti dilakukan karena kedua kubu bermain imbang tanpa gol hingga akhir babak tambahan. Adu penalti berakhir 4-2.
0-1 Mario Balotelli (Italia) - gol - tembakan ke sudut kanan bawah gawang
1-1 Steven Gerrard (Inggris) - gol - tembakan ke sudut kanan bawah gawang
1-1 Riccardo Montolivo - gagal - meleset ke sisi kanan gawang
2-1 Wayne Rooney - gol - tembakan ke sudut kanan atas gawang
2-2 Andrea Pirlo - gol - tembakan ke tengah gawang
2-2 Ashley Young -  gagal - kena mistar
2-3 Antonio Nocerino - gol - tembakan ke kanan bawah gawang
2-3 Ashley Cole - gagal - tembakan ke sudut kiri bawah gawang ditangkap Gianluigi Buffon
2-4 Alessandro Diamanti - gol - tembakan ke sudut kanan bawah gawang
Permainan berlangsung cukup terbuka pada awal-awal pertandingan. Kedua kubu beberapa kali bergantian menciptakan ancaman serius ke gawang lawan.

Italia lebih dulu menciptakan ancaman pada menit keempat. Dari luar kotak penalti, Daniele De Rossi melepaskan tembakan jarak jauh, yang membentur tiang kanan gawang Joe Hart. Inggris langsung membalas dengan tembakan jarak dekat, tetapi kandas di tangan Gianluigi Buffon.

Italia belum menciptakan ancaman baru ketika Wayne Rooney menyundul bola kiriman Glen Johnson dari jarak dekat. Namun, bola melesat ke atas gawang.

Italia baru bisa membalas ancaman itu pada menit ke-26 melalui Mario Balotelli. Namun, John Terry mengeblok tembakan itu sehingga bola bisa dikuasai Hart. Empat menit kemudian, Balotelli kembali melepaskan tembakan, tetapi Hart tak tampak kesulitan menjinakkannya.

Setelah tembakan Danny Welbeck pada menit ke-32 melenceng dari sasaran, Italia melancarkan serangan yang berujung tembakan Balotelli pada menit ke-41, yang hanya membuahkan tendangan gawang.

Pertandingan tak banyak berubah di babak kedua. Italia masih dominan, tetapi kesulitan mengubah peluang menjadi gol dan Inggris beberapa kali mampu melancarkan serangan, yang juga tidak tuntas sesuai harapan.

De Rossi membuka peluang pertama Italia di babak kedua. Namun, usahanya gagal mengarah tepat ke sasaran. Empat menit kemudian, De Rossi melepaskan tembakan jarak jauh, yang kali ini kandas di tangan Hart.

Bola muntah ditembakkan Balotelli dari jarak dekat, tetapi kaki Hart masih bisa menghalaunya. Bola muntah kali ini ditembakkan Riccardo Montolivo, yang meleset dari target.

Inggris membalas ancaman-ancaman itu pada menit ke-64 melalui Ashley Young. Namun, usahanya hanya membuahkan tendangan sudut.

Dua menit menjelang injury time, Antonio Nocerino menembakkan bola kiriman Claudio Marchisio, yang diblok oleh Glen Johnson.

Peluang terakhir di babak normal diciptakan Inggris melalui Wayne Rooney. Namun, bola tak mengarah tepat ke sasaran.

Pada babak tambahan, Italia kembali lebih dulu membahayakan gawang lawan, yaitu pada menit ke-102. Tembakannya tak bisa dihalau, tetapi tetap tak membuahkan gol karena membentur tiang.

Menjelang akhir babak tambahan pertama, Theo Walcott melepaskan umpan silang ke arah Andy Carroll di dekat tiang kanan gawang Italia. Namun, bola keluar lapangan.

Pada babak tambahan kedua, Italia bisa menekan Inggris. Mereka kesulitan menuntaskan peluang dengan baik. Pada menit ke-114, misalnya, Alessandro Diamanti melepaskan tembakan dari jarak dekat, tetapi meleset ke sisi kanan gawang.
Menurut catatan UEFA, hingga akhir babak tambahan, Italia menguasai bola sebanyak 64 persen dan melepaskan 20 tembakan akurat dari 35 usaha. Adapun Inggris menciptakan empat peluang emas dari sembilan percobaan. 

Inggris (4-4-1-1): 1-Joe Hart; 2-Glen Johnson, 3-Ashley Cole, 6-John Terry, 15-Joleon Lescott; 4-Steven Gerrard, 11-Ashley Young, 16-James Milner (7-Theo Walcott  61), 17-Scott Parker (8-Jordan Henderson 90+4); 10-Wayne Rooney; 22-Danny Welbeck (9-Andrew Carroll 60)

Italia (4-1-3-2): 1-Gianluigi Buffon; 6-Federico Balzaretti, 7-Ignazio Abate (2-Christian Maggio 90), 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci; 21-Andrea Pirlo; 8-Claudio Marchisio, 16-Daniele De Rossi (23-Antonio Nocerino 80), 18-Riccardo Montolivo; 9-Mario Balotelli, 10-Antonio Cassano (22-Alessandro Diamanti 78)

Wasit: Pedro Proenca

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. jerman adalah sang juara..!

    :)

    BalasHapus
  2. nah ketika ketemu jerman yang ane tunggu gan,lam kenal, tks

    BalasHapus

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -