Posted by : Vicio rizky

lomba blog
Air adalah salah satu kebutuhan makhluk hidup yang paling penting. Air berasal dari senyawa H2O yang berbentuk cair. Air yang dapat dikonsumsi ialah air bersih,yakni air yang tidak mengandung senyawa berbahaya,tidak berwarna,serta tidak berbau.Air terdapat pada 71% permukaan bumi. Memang sebagian besar permukaan bumi ialah laut yang asin. Tapi ingat,air di bumi bisa berubah bentuk menjadi hujan , awan,sungai,danau,dsb. Mengapa air dapat berubah menjadi hujan dan awan? secara singkat air di laut mengalami penguapan menjadi uap air,lalu mendingin menjadi awan. Saat suhu di udara lebih dingin,makan akan turunlah hujan yang menguntungkan bagi petani dan menyuburkan tumbuhan.
Selai itu,air juga diminum bagi manusia. Seperti yang kalian tahu, tubuh manusia terdiri dalam 80 & air. Jadi jika manusia kekurangan air,maka akan terjadi dehidrasi.
Tapi , akhir akhir ini ketersediaan air bersih semakin berkurang,sedang poulasi manusia terus meningkat. Hal ini bisa sebabkan banyak manusia mengalami kekurangan air bersih sehingga kesehatan mereka bisa menurun. Mengapa air bersih stoknya terus berkurang? Ada beberapa hal yang menyebabkan stok air terus berkurang
1.Penggundulan pohon pohon hutan sebagai penahan laju air hujan (daerah resapan air) sehingga terjadilah banjir dan tanah longsor.
2.Banyaknya air tanah,air sungai,ataupun sumber mata air yang tercemar yang diakibatkan oleh aktivitas manusia macam buang hajat,sampah di sungai,pembuangan limbah limbah kimia yang berbahaya oleh industri / pabrik pabrik besar. Selain itu,banyak pemukiman liar yang dibangun di dekat sungai sehingga luas sungai yang menampung air semakin berkurang hingga tidak dapat digunakan.
3. Penggunaan air yang terlalu berlebihan/boros.
4. Monopoli air yang dilakukan pabrik atau perusahaan besar yang ingin mengambil keuntungan besar dari penjualan air.

Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan stok air bersih sangat berkurang. Kita tidak mau kan kalau kita mengalami kesusahan karena tidak bisa konsumsi air? berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan :
1. Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
2. Matikan keran air jika tidak digunakan
3. Tidak terlalu sering mencuci jika tidak terlalu kotor.  
Selain itu ada beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah untuk mencegah pengurangan air misal
1. Mengadakan reboisasi di Hutan yang gundul dan pingiran sungai
2.Membuat UU dalam melestarikan lingkungan hutan dan sungai,UU melarang ilegal logging disekitar hutan dan sungai
3. Melarang penduduk membuat pemukiman di sekitar sungai,atau relokasi
4.Menindak perusahaan yang melanggar atau merusak lingkungan hutan dan sungai dengan tegas dan sanksi yang berat. (kalau perlu hukuman seumur hidup)
5. Menindak warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya. sanksi dapat berupa denda atau Pidana .
Sekian postingan yang singkat ini semoga bumi dan air kita tetap dapat terjaga kelestariaannya hingga anak cucu kita dapat menikmatinya. Karena ada pepatah "Apa yang kita tabur,Maka itulah yang kita tuai"


{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. Nice info Gan..
    Komen2 balik ya :)

    BalasHapus
  2. Makin lama makin susah menemukan sumber air bersih.

    BalasHapus
  3. @Tongkonanku stuju,air bersh aja harus bayar. yg gratis skarang cma bernafas hahaha

    BalasHapus
  4. air adalah sumber kehidupan!!

    BalasHapus

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -