Posted by : Vicio rizky

HeadlineRoberto Di Matteo lahir di Schaffhausen, Swiss, 29 Mei 1970; umur 42 tahun) adalah seorang manajer sepak bola dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Italia kelahiran Swiss. Ia saat ini ditunjuk menjadi manajer ad interim Chelsea hingga akhir musim 2011–12.
Saat menjadi pemain, Di Matteo bermain sebagai seorang gelandang. Ia pernah bermain untuk Schaffhausen, Zürich Aarau, Lazio, dan Chelsea.
Di Matteo memperkuat timnas senior Italia sejak tahun 1994 hingga tahun 1998. Ia mencetak 2 gol dari 34 kali penampilan untuk Italia dan merupakan anggota skuat Italia pada putaran final Euro 1996 dan Piala Dunia FIFA 1998.
Di Matteo memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola saat berusia 31 tahun pada bulan Februari 2002 karena mengalami cedera patah kaki.
Ia menjadi pelatih kedua Chelsea yang berhasil membawa klub tersebut ke final Liga Champions 2012, usai di semifinal menyingkirkan juara bertahan Barcelona dengan agregat 3-2,dan pertama kali membawa Chelsea Juara Liga Champions usai menaklukkan Bayern Muenchen dengan adu Penalti

Karier klub

Di Swiss

Di Matteo lahir di Schaffhausen, Swiss dari kedua orang tua asal Abruzzo, Italia. Ia memulai karier sepak bola dengan bermain pada posisi bek dan membuat debut profesional dengan klub kota kelahirannya FC Schaffhausen pada tahun 1988. Di Matteo kemudian dengan FC Zürich pada tahun 1991. Selama satu musim di Zurich, ia bermain sebagai seorang libero dan mampu mencetak 6 gol dari 34 kali penampilan di liga. Pada tahun 1992, Di Matteo bergabung dengan FC Aarau juga selama satu musim. Bersama Aarau, ia berhasil meraih gelar juara Liga Nasional A Swiss.

Lazio

Pada musim panas tahun 1993, Di Matteo bergabung ke Lazio dengan status bebas transfer dan menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun. Ia membuat debut saat masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Paul Gascoigne di pertandingan kandang menghadapi Foggia pada 29 Agustus 1993. Pelatih Lazio saat itu, Dino Zoff selalu memainkannya pada posisi gelandang tengah setelah penampilan tersebut.
Pada musim perdananya, Di Matteo mampu mencetak 4 gol dari 29 kali penampilan liga. Gol-gol tersebut ia cetak ke gawang Atalanta, Reggiana, Inter Milan, dan Piacenza. Ia juga mengalami cedera retak siku kanan saat pertandingan tandang menghadapi Genoa.Pada musim terakhirnya, akibat mengalami hubungan tidak harmonis dengan pelatih Zdeněk Zeman karena sebuah kesalahan yang berujung kekalahan pada pertandingan menghadapi Inter Milan, karier Di Matteo bersama Lazio berakhir.

Prestasi

Sebagai pemain

FC Aarau
Chelsea

Kepelatihan

West Bromwich Albion
Chelsea
Individual
  • Pelatih Terbaik Bulanan Liga Primer Inggris (1): September 2010

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Maaf.. saya berterus terang ... walaupun saya kurang bersetuju dengan
    awak... tapi saya akui... pendapat awak memang logik dan pos nih memang menarik.
    .

    Feel free to visit my homepage ... Tips Isteri Kesayangan

    BalasHapus

Satu komentar anda sangat berarti bagi kelangsungan blog ini. Semoga mengena ya dengan puisinya

- Copyright © 2013 Spirit and Confidence - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -